Rabu, 19 Juni 2013

PUNCAK TRIPS-Taman Bunga Nusantara


Jl. Mariwati km 7
Desa Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi Cipanas
022-263581617/618

Hari ke dua kami memutuskan untuk bertandang ke Taman Bunga Nusantara, perjalanan di tempuh skitar 1 jam dari Royal Safari Garden karena kondisi jalan yang buruk saat mulai memasuki Desa Kawungluwuk dan di tengah perjalanan terdapat pasar.

Sesampainya di Taman Bunga Nusantara kami langsung membeli tiket masuk sebesar 25.000 per orang dan meminta peta area, karena luas total taman ini mencapai sekitar 35ha. Sekitar 23 ha untuk taman, 7 ha untuk area bermain keluarga, 5 ha untuk fasilitas villa(Saung Nini) dan gedung serbaguna (Saung Aki).

Taman Bunga Nusantara di resmikan oleh Presiden ke-2 RI Bpk Soeharto tertanggal 10 September 1995 yang juga merupakan asset nasional dengan skala internasional, jadi semuanya tertata rapi dan bersih jadi sungguh menyenangkan sekali ber jalanjalan di sini.

Agar taman ini tetap terjaga kita sebagai pengunjung juga diharapkan kerjasamanya untuk tidak membuang sampah sembarangan, tidak memetik bunga/tanaman dan juga berjalan atau melangkahi hamparan bunga-bunga indah ini.

Untuk yang hobi foto atau bernarsis ria, taman ini memiliki banyak spot untuk berpose. Banyak pengunjung yang melakukan foto pre wedding di taman ini.

Sebelum anda melakukan aktifitas pemotretan, anda harus mengantungi izin terlebih dahulu dari pihak taman bunga ini.

Fasilitas yang terdapat di taman ini adalah lokasi piknik dengan saung/gazebo, kios makanan, Restoran saung Aki, souvenir shop, toilet dan musholla yang bersih, bursa tanaman, serta beberapa produsen atau distributor bunga dan tanaman.



Melangkah memasuki taman ini pemandangan pertama yang kami temui adalah topiari badan merak yang terbuat dari 25.000 rangkaian tanaman berbunga dan 60.000 tanaman berbunga sebagai display karpet atau hamparan bulu merak raksasa yang indah. Tiap 2 atau 3 bulan sekali topiari dan display karpetnya berubah lho, menarik ya :)

Di bagian tengah terdapat air mancur dan kolam yang bersih, yang langsung jadi lokasi foto-foto banyak orang termasuk kami tentunya :) sementara Dzikrillah dan Akasyah tertarik sekali melihat air terjun buatan yang berundak-undak ini. 

Lalu menuruni tangga kami menemukan jam taman raksasa yang juga di hiasi berbagai rangkaian tanaman berbunga.


Taman bunga nusantara memiliki berbagai macam taman dengan keunikannya masing-masing, daftar lengkapnya di bawah ini:
  • Taman Air, dengan kumpulan tanaman air yang indah dan menarik. Pusat utamanya adalah lotus/teratai air raksasa Victoria amazonica dari Amerika selatan
  • Taman Mawar, berupa kumpulan mawar berbagai warna, merah, putih, jingga dan merah muda yang cantik-cantik
  • Taman Perancis, yang terinspirasi dari model taman di istana Perancis dari masa pemerintahan Louis ke 14 di abad ke 17 atau zaman Renaissance. Model taman ini menggambarkan penguasaan manusia terhadap alam.
  • Taman Amerika, menampilkan konsep taman ala pedesaan di Amerika dan semak berbunga khusus di Amerika, di sebelahnya terdapat taman dahlia yang penuh warna.
  • Taman mediterania, di sini kita dapat melihat berbagai tanaman gurun seperti kaktus, yucca, succulent, juga display taman yang berbentuk seperti gurun dan rumah khas mediterrania.
  • Taman labyrinth, dengan luas 1 hektar, dan bisa di jadikan arena petualangan untuk mencari jalan keluar. Kami juga mencoba labirin ini hanya berhubung tidak punya peta kami tidak menyusuri sampai bagian tengah taman. Bila butuh peta labyrinth bisa di beli dengan harga Rp. 2000. Taman ini terinspirasi dari legenda Theseus yang mencari monster minotaur,di dekatnya ada menara pandang dan air mancur musical yang bergerak sesuai music latar yang di mainkan. Ini juga salah satu spot asyik untuk bernarsis ria.
  • Taman Bali, dilengkapi dengan gapura khas bali, kolam, bale bengong, dan tanaman tropis berbunga. Area dekat kolam merupakan spot photo yang eksotis menurut saya J
  • Taman Palem, dengan lebih dari 1000 varietas palem dari berbagai negara, di antaranya palem botol, palem phoenix, palem Washington robusta
  • Taman Jepang, yang dikelilingi tembok putih, di bagian depan terdapat lampion besar, sementara di dalamnya ada kolam kecil dan jembatan juga gazebo, serta tumbuhan yang di pangkas rapi serta beberapa bonsai. Taman ini salah satu tempat favorit foto pra wedding sepertinya, karena saat kami ke sana ada 2 pasang calon pengantin yang sedang photo-photo.


Selain taman-taman di atas juga terdapat fasilitas rekreasi lainnya seperti:
  • Danau angsa, yang di isi oleh ikan-ikan jinak serta berbagai jenis angsa yang bersliweran dengan anggunnya. Macam angsa yang ada di kolam mini adalah angsa putih(mute swan) yang dulunya hanya boleh di pelihara oleh bangsawan Inggris, lalu black swan si perlambang cinta abadi, black necked swan yang pendiam dan unggas-unggas lain dari Eropa. Di atas kola mini terdapat patung separuh badan Dewi Sri sebagai pelindung tanaman/tumbuhan dan perlambang kesuburan.
  • Rumah kaca, merupakan destinasi terakhir yang kami kunjungi sembari menaiki mobil wira-wiri. Tiket masuknya 2000/orang, pemandu akan siap membantu anda untuk lebih memahami isi dalam rumah kaca seluas 2000m2. Di dalamnya terdapat tetumbuhan tropis dan bebungaan yang indah dan rapi. Rumah kaca ini di bangun tahun 1994 oleh arsitek dari Belanda dengan jumlah panel kaca sebanyak 3000 unit. Benar-benar rumah kaca ya J
  • Alam imajinasi: merupakan tempat kumpulan wahana untuk keluarga. Tempat bermain ini menyenangkan untuk anak-anak batita ataupun balita karena banyak yang bisa mereka lakukan di sini. Sebelumnya kita harus membeli tiket di loket wahana yang ingin kita naiki. Rata-rata harga tiket 10.000/orang, kecuali ATV dan Gokart sekitar 25.000/orang.
    Wahana-wahana didalamnya antara lain:
  1. Kereta api mini yang unik (tiket 10.000/anak) karena tempat duduknya seperti gelondongan besi melintasi jalur bawah yang di bentuk seperti lembah kecil dengan air terjun mini dan terowongan serta juga ada lintasan khusus berbentuk jembatan mengelilingi komplek alam fantasia ini.
  2. Komidi putar
  3. Bianglala/kincir angin
  4. Kuda tunggang
  5. Bom-bom boat, boat kecil dengan konsep tubruk-tubrukan seperti bom-bom car
  6. Sepeda danau
  7. Soft play di istana si kumba
  8. ATV race dengan jalur yang cukup lumayan menegangkan khususnya untuk pemula seperti kami ^^; karena ada tanjakan dan turunan serta jalanan yang tidak rata
  9. Gokart dengan jalur yang cukup berliku
  10. Kolam pancing, namun saat kami di sana kolamnya tutup dan airnya hijau sekali
  11. Dan Catur raksasa, untuk yang satu ini free sih

Sementara fasilitas berupa kendaraan keliling yang tersedia di sini :
  • Mobil keliling wira-wiri yang membawa kita berkeliling taman, tiketnya 4000 per orang, naiknya di halte yang terletak di dekat pintu keluar sebelah kanan dari topiary merak. Tidak hanya sekedar keliling, tapi juga ada fasilitas speaker yang memperdengarkan suara rekaman pemandu yang memberikan penjelasan menarik tentang taman bunga nusantara dan tiap taman yang kita lewati
  • Dotto train atau tram keliling yang hanya beroperasi di hari sabtu dan minggu.

Taman bunga nusantara memang tempat wisata yang unik dan asyik untuk di jelajahi bersama keluarga, selain bagus untuk memperkenalkan keindahan tetumbuhan kepada anak-anak kita. Di sini kita juga bisa sambil olah raga jalan kaki J, tapi sungguh tidak terasa lho karena begitu banyak yang kita lihat dan nikmati. Di tambah lagi dengan fasilitas rekreasi tambahan yang cukup banyak, jadi ada berbagai ragam aktifitas yang bisa kita lakukan bersama di sini.

Jadi jalanjalanbersamakeluargayuk!

Jam Operasional:
Senin-Jumat 08.00-17.00


Sabtu, Minggu, Libur Nasional 08.00-17.30

Tidak ada komentar:

Posting Komentar