Rabu, 19 Juni 2013

PUNCAK TRIPS - Taman Safari Indonesia




Hari ke-3 saatnya kunjungan ke Taman Safari Indonesia, selepas check out dari Royal Safari Garden kami langsung menuju TSI dengan sebelumnya membeli beberapa ikat wortel dan beberapa tandan pisang untuk di berikan ke hewan-hewan di TSI. Setelah selesai, off we go :)

TSI Cisarua-Puncak
Jl Raya Puncak 601
0251 8250 000

Jam Buka 09.00-17.00


TSI merupakan objek wisata edukasi dan alam yang memberi kita kesempatan untuk melihat para hewan di alam bebas tanpa terkurung oleh jeruji kandang. Karena yang terjadi justru sebaliknya, kita sang pengunjung yang harus mengurung diri di dalam kendaraan masing-masing J

Ini adalah kali ke-3 Akasyah mengunjungi TSI dan pertama kalinya Dzikrillah ikut serta. Jadi perjalanan ini jadi seru sekali, walau Dzikrillah sempat tertidur di awal kunjungan.

Setelah membayar tiket untuk kendaraan, perjalanan kami di mulai dengan menyapa para zebra. Kebetulan saat kunjungan sedang di adakan lomba foto hewan Internasional, jadi banyak sekali para pengunjung yang membawa kamera DSLR dan berlomba-lomba mendekati para hewan.


Khusus hewan-hewan herbivora, seperti gajah, jerapah, zebra, kuda nil, llama, rusa dan sejenisnya, kita bisa memberi mereka makan berupa sayuran atau buah yang sebelumnya kita beli di sekitar jalan masuk menuju TSI. Beberapa hewan-hewan ini juga sudah terbiasa menerima makanan dari pengunjung jadi banyak sekali yang mendekati mobil-mobil dan terkadang sengaja menghalangi jalan agar di beri makan lebih dulu, namun ada juga yang tidak bisa mendekati mobil seperti jerapah, orang hutan, kuda nil, gajah karena mereka di batasi oleh kandang baik yang di pagari batu atau di buat rendah atau di aliri sungai di tengah-tengahnya. Untuk yang di kandang, kita bisa melemparkan buah atau sayuran dan mereka dengan sigap meraihnya. Kegiatan memberi makan ini sangat menarik untuk di lakukan anak-anak, namun tetap perhatikan agar jangan sampai bagian tubuh anak kita keluar terlalu jauh.

Untuk hewan buas seperti beruang coklat, macan tutul, macan kumbang mereka di letakkan di kandang yang menyerupai area tinggal alami mereka tanpa jeruji pagar tinggi tentunya. Sementara untuk harimau dan singa, mereka tidak di kandangi, jadi mereka bebas berjalan sesuka hati mereka. Saat kami ke sana, para singa dan harimau ini sedang bermalas-malasan, namun ada juga yang memelototi kendaraan yang lalu lalang.

Di tiap area yang di masuki, para pawang hewan siap di tempat. Untuk menghindari situasi yang tidak di inginkan.

Setelah mengelilingi area para hewan-hewan lepas ini selama kurang lebih 1 jam, kami mulai memasuki arena rekreasi.


Dengan tiket Rp. 130.000 (sebelum diskon) untuk anak 1-5th dan Rp. 140.000 (sebelum diskon) untuk usia 6th ke atas sudah termasuk 9 pertunjukan yang di antaranya:
-Pertunjukan gajah, sebelum dan sesudah pertunjukan kita bisa berfoto dengan para gajah, dan membeli makanan untuk di berikan ke raksasa pandai ini. Selain itu mereka juga menunjukan kebolehan melukis di atas kaus yang mereka jual seharga Rp. 100.000 dengan bonus pemberian kalungan bunga untuk sang pembeli.  Uang-uang ini akan di gunakan untuk membantu konservasi para gajah. Yuk menyumbang untuk para gajah ini J Akasyah dan Dzikrillah ikut menyumbang lho
-Pertunjukan berbagai hewan, sayangnya kami ketinggalan pertunjukan terakhir
-Pertunjukan harimau, ada 3 harimau dan 2 pawang yang menampilkan pertunjukan menarik ini. Hanya area pertunjukannya paling kecil di banding area pertunjukan hewan lainnya, dan yang paling ramai.
-Pertunjukan singa laut, yang kami juga kelewatan ^^;
-Pertunjukan burung, berbagai jenis burung di pertontonkan keahliannya di sini, salah satunya burung elang.
-Pertunjukan lumba-lumba, yang sayangnya lagi sedang di renovasi
-Safari Theatre, berupa pertunjukan circus
-Cowboy show, menampilkan pertunjukan yang di pertontonkan oleh para stuntman tentang petualangan para koboi dan Indian dengan aksi seru dan ledakan-ledakan. Kami tidak menonton pertunjukan ini karena Akasyah dan Dzikrillah anti suara ledakan ^^;
-Globe of death, salah satu pertunjukan baru, berupa aksi stunt para pembalap motor di dalam lingkaran besi. Ini juga pertunjukan yang tidak kami kunjungi karena suara raungan mesinnya tidak di sukai anak-anak kami ^^;
Kecuali pertunjukan gajah, yang masih ada di area bawah. Pertunjukan lainnya terletak di area atas komplek TSI, jadi lebih baik parkirkan mobil anda di tengah-tengah, kalau tidak ya..siap-siap naik turun. Turunnya sih tidak masalah, naiknya itu yang lumayan…



Selain itu tiket TSI juga termasuk 24 wahana atau komplek hewan gratis. Namun ada beberapa wahana yang harus kita bayar lagi seperti:
-Mobil keliling sekitar Rp. 25.000/orang, dengan mobil ini kita bisa naik turun di pemberhentian yang telah di tentukan sepanjang gelang kertas yang di lekatkan di tangan masih ada.
-Kereta gantung Rp. 50.000/orang, harga ini menurut saya cukup mahal untuk jarak tempuh kereta gantung yang tidak terlalu jauh di bandingkan fasilitas kereta gantung Ancol dan TMII
-Jurassic train (kereta kecil yang keliling area baby zoo), tiket dapat di tanyakan di loket.
-Tunggang hewan, harganya variatif yang sempat di coba tunggang gajah sekitar 15.000/orang namun jaraknya pendek sekali. Selain itu juga ada tunggang kuda poni.

Untuk wahana gratis terdapat di komplek rekreasi yang berdekatan dengan Safari Water park.



Fasilitas rekreasi lainnya yang di sediakan TSI:
-Rumah Reptil
-Primata centre ( orang hutan)
-Humboldt penguins, selain melihat penguin kita juga bisa memberi mereka makan dan mereka juga menerima permintaan adopsi penguin lho.
-Kandang komodo, yang juga sedang di renovasi
-Taman buaya
-Burung pemangsa
-Kubah burung, yang di huni lebih dari 1000 burung yang beterbangan bebas. Berdekatan dengan area baby zoo
-Baby zoo, di sini kita bisa berfoto dengan bayi macan tutul/harimau, harimau putih, orang hutan. Di dalam area baby zoo juga terdapat kandang harimau putih, orang hutan
-kandang kanguru abu-abu

Selain itu TSI juga menawarkan berbagai kegiatan lainnya seperti:
  • Safari trek outbound/camping
  • Program edukasi pelajar, meliputi temu dengan pawang, melihat hewan di kandang dan program pendidikan lainnya
  • Elephant trail, menjelajahi rute khusus yang berbeda dengan tunggang gajah. Biaya sekitar 250.000 termasuk souvenirs, foto, snacks dan rute khusus.
  • Safari night, menjelajahi area TSI di malam hari dengan kendaraan khusus yang di pandu. Harga tiket Safari Night Rp.90.000, dari jam 18.30-21.00 khusus untuk hari sabtu saja.

Lebih jauh lagi TSI juga di lengkapi dengan berbagai macam restoran dan kudapan, souvenir shop, musholla, toilet, lapangan parkir yang luas dan pusat informasi.

Setelah puas menjelajahi TSI, kami pun segera bersiap untuk berangkat ke Safari Lodge. Hotel yang lokasinya hanya sekitar 200 meter dari TSI. Pengalaman yang menyenangkan sudah kami dapat dari perjalanan kami di TSI, jadi jalanjalanbersamakeluargayuk!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar