Rabu, 16 Januari 2013

Taman Impian Jaya Ancol - Gelanggang Samudra



Tanggal kunjungan 04/03/2012

Luasnya area Taman Impian Jaya Ancol membuat kami sekeluarga mengunjungi area ini sampai 5x, karena saya juga masih punya putra yang berumur 7 bulan, jadi tidak bisa memaksimalkan waktu sekuat tenaga kami, tapi harus menyesuaikan dengan si kecil :)

Kali ini kami mengunjungi Gelanggang Samudra, karena berkeinginan agar anak-anak kami bisa melihat aktifitas hewan-hewan yang habitatnya berdekatan atau bahkan di dalam air.

Kami agak kesorean sampai di tempat, karena terhalang hujan dan persiapan untuk Dzikri. Sekitar pukul 1500 baru kami memasuki area gelanggang samudra. Sewaktu itu ada promo dengan salah satu supermarket waralaba, jadi harga tiket yang kami bayarkan adalah harga khusus. Sayangnya saya lupa berapa yang kami bayarkan, karena sibuk dengan anak bungsu saya. Namun promo-promo seperti ini rutin di lakukan oleh supermarket waralaba ataupun merk-merk produk minuman atau dari pengelola kartu SIM telepon genggam.

Sayangnya kami mendapat informasi bahwa 'Pentas Lumba-lumba' masih dalam status renovasi. Padahal suami saya ingin sekali menonton pertunjukan tersebut, serta mengenalkan ikan besar favoritnya kepada anak-anak kami . 

Tapi kekecewaan suami tidak berlangsung lama, ia dan anak-anak kembali asyik melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi tempat-tempat pertunjukan lainnya.

Banyak perubahan di Gelanggang Samudra, saya sendiri terakhir kemari juga sudah belasan tahun. Sudah ada wahana-wahana berupa balon-balon terbang (ubur-ubur), pesawat terbang (boto-boto) yang konsep keduanya seperti wahana gajah bleduk di Dufan dan bumper car (Laga Lagon).

Kolam Angsa

Lalu areanya juga lebih teratur dan asri. Ada hewan-hewan yang bisa kita lihat seperti kebun binatang mini. Anak-anak kami senang melihat hewan-hewan ini.

Jumlah pertunjukan juga lebih banyak, seperti yang tercantum di bawah ini:

-Pentas aneka satwa yang terdiri dari Linsang, beruang madu, kakatua dan kuda nil
-Pentas Lumba-lumba (saat kami datang sedang di renovasi)
-Pentas bawah air dan lumba-lumba (underwater show) pentas dalam ruangan antara lumba-lumba dan manusia dengan spesial efek.
-Pentas bajak laut (Scorpion pirates show) pentas luar ruang dengan setting pertempuran bajak laut dilengkapi dengan spesial efek dan stuntman show


Bioskop 4D

Selain itu gelanggang samudra juga di lengkapi dengan teater atau bioskop 4D dengan berbagai pilihan film seperti 'Little Prince', 'Turtle vision' dan yang terbaru 'Dora Adventure'. Sebetulnya Dora salah satu film favorit anak saya, hanya karena dia takut kegelapan, dia tidak masuk menonton. Jadilah para pengasuh yang nonton sementara saya dan suami menemani anak-anak melihat-lihat burung-burung dan area sekitar, serta beli souvenir gelembung sabun dan stiker.

Tempat sholatnya juga cukup besar dan ada 2 selain itu area makannya juga terdapat berbagai pilihan.

Yang asyiknya, banyak petugas yang akan memandu dan memanggil-mangil pengunjung bila ada pertunjukan yang sudah akan di mulai, dan membimbing ke area tersebut. Untuk memastikan kita semua bisa menyaksikan pertunjukan-pertunjukan itu. Jadi ngga bingung melihat jadwal dan memilih.

Pertunjukan pertama yang kami kunjungi adalah live show bajak laut, Scorpion. Pertunjukannya sendiri menarik untuk orang dewasa dan mungkin untuk anak-anak yang sudah memahami, bahwa pertunjukan ini hanya pura-pura. Walau menurut saya, semestinya acara ini tidak bisa di tonton anak-anak, karena adegan dan bahasanya tidak terlalu mendidik. Bahkan baru setengah acara di mulai anak saya dan beberapa anak lain sudah keluar dalam keadaan menangis, mereka ketakutan dengan suara ledakan dan speaker suara yang terlalu kencang serta efek panas dari adegan api. 

Saya saat itu ada di luar menemani putra saya yang baru berumur 7bulan. Karena saya tidak ingin gendang telinga anak bungsu saya terganggu dengan efek suara dari show tersebut. Sewaktu anak sulung saya masuk, saya sempat berharap-harap cemas mengenai kemungkinan ia akan terganggu dengan pertunjukan tersebut. Umurnya sudah 4 tahun dan ternyata sesuai dugaan saya...ia ketakutan dan juga beberapa anak lainnya.

Beberapa pentas mungkin kurang cocok untuk anak-anak usia tertentu. karena hal-hal di bawah ini:
1. Scorpion, terlalu banyak ledakan, ada efek api dan suaranya menggelegar. Beberapa anak berhamburan sambil menangis di tengah acara. Kalaupun putra-putri anda sudah cukup umur, saran saya tetap jelaskan pada mereka mengingat bahasa yang digunakan agak kurang halus untuk anak-anak.
2. Underwater show, pertunjukan tarian di dalam air bersama lumba-lumba, dan pesut. Tempatnya gelap seperti menonton dalam bioskop, padahal tidak sedikit anak-anak yang takut akan kegelapan. Belum lagi speaker suaranya juga kencang sekali ya. Sekali lagi anak-anak saya lari keluar dan juga beberapa anak lainnya. Akhirnya anak-anak saya bawa ke perpustakaan atau rumah pintar yang langsung penuh dengan anak-anak yang juga merasakan hal yang sama dengan putra-putri saya. Sementara suami, saya minta bersama para pengasuh untuk tetap menonton, karena sayang juga kan sudah terlanjur di sini..
3. Pertunjukan anjing laut dan aneka satwa, speaker suaranya lagi-lagi luar biasa kencang. Semestinya tidak perlu sekencang itu, tidak baik untuk pendengaran. Banyak orang tua yang akhirnya menonton sambil berdiri, walau masih ada bangku-bangku kosong. Untuk jaga2, klo anaknya nangis mereka tinggal gendong dan bawa keluar, dan itu juga yang kami lakukan.

Anak bungsu saya hanya menonton pentas aneka satwa setelah pertunjukan tinggal separuh, itupun bergabung dengan para orangtua di dekat pintu. Sementara anak sulung saya tidak mau menonton sama sekali.

Pentas Anjing Laut


Setelah di bujuk-bujuk, ia akhirnya mau menonton pentas anjing laut. Itupun sambil di gendong papanya, dan perlahan-lahan di bawa mendekati tempat duduk. Dia menonton dengan telinga di tutup. Kasihan juga, padahal dia tertarik memperhatikan polah tingkah si anjing laut, hanya suara pembawa acara memang menggelegar sekali, bahkan untuk orang dewasa skalipun.

Lepas dari kekurangan-kekurangan tersebut, Gelanggang samudra tetaplah tempat rekreasi yang menarik untuk anak-anak. Saya dan suami berencana membawa anak-anak lagi ke tempat ini, karena masih banyak yang belum sempat kami lihat dan coba seperti menonton pentas si ikan pintar, lumba-lumba, mengunjungi akuarium air tawar, akuarium air laut, kolam kuda nil, kolam angsa, dan kolam pelatihan. Smoga berikut kalinya kami ke sana,  anak-anak mau melihat pentas anjing laut dan satwa. Memang tidak bisa di paksakan, semuanya harus di nikmati.

Smoga juga pihak Gelanggang Samudra pun memperhatikan apa yang membuat beberapa pengunjung tidak nyaman terkhusus soal sistem suara yang terlalu menggelegar, karena saya yakin keluarga saya bukan satu-satunya yang merasakan hal tersebut. 

Jalanjalanbersamakeluargayuk :)



4 komentar:

  1. Iya nih Mas, yang lainnya menyusul ya :) harus bagi2 waktu dan ingatan juga :D

    BalasHapus
  2. ini tiketnya terusan bukan sih mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat Pagi Mbak Rahayu, untuk gelanggang samudra 1x bayar tiket untuk fasilitas pertunjukan. Untuk wahana-wahana permainan ada beberapa yang harus membayar lagi. Selamat jalan-jalan :)

      Hapus